kemacetan di depan mata mulai belum keluar terminal

kemacetan di depan mata mulai belum keluar terminal

Ini sekadar sebagai pengingat bahwa pemimpin kita pernah berkata dan menjanjikan 17 langkah dibawah ini untuk mengatasi macetnya Jakarta. dibuat setelah Jakarta terkena macet parah akibat hujan dan banjir sekitar bulan Agustus 2010. Saya masih berharap ini bukan hanya langkah populis yang sifatnya anget-anget tai ayam, hanya muncul lagi (wacana doang) setelah ada kejadian macet parah lagi. Realisasinya sampe sekarang silakan amati sendiri saja, apakah kita udah melangkah jauh ataukah cuma jalan seperti di kemacetan Jakarta itu sendiri.

Pertama, Electronic Road Pricing (ERP), penggunaan jalan dengan sistem berbayar, akan segera diberlakukan. Kementerian Perhubungan akan diminta menuntaskan Peraturan Pemerintah yang melandasinya. Ini juga akan dibicarakan kepada Menteri Keuangan. Draf ERP akan selesai seminggu setelah Lebaran. –> belum. Draftnya kebawa mudik, hilang kali ya?

Kedua, jalur busway akan disterilisasi. Ada empat jalur yang memiliki dampak besar. Nantinya, jalur-jalur disteril ada kenaikan penumpang 20 persen. –> sudah ada sterilisasi. hasilnya tambah macet? nyerobot lagi ahhh..

Ketiga, Pemda DKI akan mengkaji ulang kebijakan perparkiran. –> belum. draft kebijakannya masih parkir entah dimana

Keempat, perbaikan jalan. –> jalan yang mana? bukannya ini harusnya emang rutin?

Kelima, akan ada dua jalur Bus Transjakarta yang beroperasi lagi. Tahun ini harus ada 10 koridor, tahun depan dua lagi. Perbaikan dan optimalisasi manajemen busway. –> sudah nambah (tapi ini kayak merealisasikan sesuatu yang terlambat)

Keenam, harga gas untuk transportasi akan dikaji agar lebih murah. Selain itu, titik-titik pengisian gas ditambah. Gubernur DKI diminta mengatur agar angkutan umum menggunakan gas. –> belum. masih ribut pertamax vs premium, subsidi vs non subsidi

Ketujuh, angkutan umum yang menggunakan armada kecil akan direstrukturisasi karena tidak efisien. Dikaji kemungkinan pemberian insentif untuk peremajaan. Mendorong pengusaha bus kecil beralih ke armada bus besar. –> belum. upaya yang sudah dilakukan masih sebatas mendorong bis yang mogok

Kedelapan, penambahan jumlah armada KA Jabodetabek. Penumpang ditargetkan mencapai 3 juta orang per hari. Saat ini baru 325 ribu orang per hari. Padahal kebutuhan sudah mencapai 700 ribu orang per hari. Terjadi penumpukan penumpang di atap kereta. –> belum (meski sudah ada rencana penambahan gerbong)

Kesembilan. Polisi diminta menertibkan angkutan –> sudah apa belum ya? soalnya hari ini ditertibkan, besok kacau lagi. apa harus ada polisi khusus?

Kesepuluh, layanan Mass Rapid Transit (MRT) Lebak Bulus- Bundaran HI ditargetkan tahun 2011 mulai konstruksi. –> belum. padahal gampang tuh, peletakan batu pertama kayaknya sudah bisa dianggap “mulai konstruksi”

Kesebelas, akan dibentuk otoritas transportasi Jabodetabek dengan Gubernur DKI yang bertugas sebagai koordinator. –> nggak tahu, kayaknya belum (udah lupa kali?)

Keduabelas, merevisi rencana terpadu transportasi di Jabodetabek dengan membuat blue print-nya. –> belum, kayaknya tinta birunya habis

Ketigabelas, proyek double track Jakarta-Cikarang harus segera direalisasikan karena jadwal kereta dari timur mengganggu kereta komuter.  –> belum. Lagian, kata-kata “harus segera direalisasikan” itu deadline kapan?

Keempatbelas, proyek rel kereta api lingkar dalam akan diintegrasikan dengan transportasi masal. –> belum. makna “diintegrasikan” masih melingkar-lingkar

Kelimabelas, pengadaan enam ruas jalan layang di DKI. Kementerian PU setuju menjadikan jalan tersebut sebagai jalan tol. –> belum. enam???

Keenambelas, melakukan pengaturan jumlah kendaraan secara optimal dengan menggunakan instrumen yang ada. –> belum. yang ada malah pajak progresif. ini wacana jumlah kendaraan itu yang dimiliki atau yang masuk ke jalan?

Ketujuhbelas, untuk mendukung KA akan dibangun fasilitas park and ride untuk mengurangi penggunaan kendaraan. Mendagri sudah menyurati tiga gubernur untuk mencadangkan lahan penyediaan parkir. –> belum, kurir suratnya mungkin kena macet ya?

Sumber : vivanews

http://metro.vivanews.com/news/read/175105-17-langkah-atasi-macet-jakarta

Komentar
  1. ima apriany mengatakan:

    saya masih ingat tanggalnya… ketika Jakarta lumpuh waktu itu: 25 Oktober 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s