Mari mencoba berhitung matematika ala anak SD.

80 persen bensin bersubsidi dinikmati 50 persen keluarga terkaya, sementara keluarga miskin dan hampir miskin masing-masing hanya menikmati 16 persen. Sedangkan jumlah subsidi untuk premium sebesar Rp 41 triliun (kompas.com, 11 Mei 2011). Jadi negara ini mensubsidi orang kaya sebesar Rp 32,8 triliun. Jika harga minyak menembus USD 100 perbarel, besaran subsidi untuk premium menjadi Rp 69 triliun, jadi ada Rp 55,2 triliun diberikan untuk orang kaya.

Mari kita bandingkan dengan biaya investasi monorel,  yaitu USD 650 juta, dengan panjangnya sekitar 27,8 kilometer. Jadi per kilometernya sekitar Rp 199 milyar. Sedangkan biaya investasi busway, mengambil contoh busway Koridor I, menghabiskan Rp 240 milyar dengan panjang 12,9 kilometer, jadi per kilometer sekitar Rp 19 milyar (tempo interaktif, 19 Mei 2011). Sedangkan pembelian gerbong KRL bekas dari Jepang sekitar Rp 500 juta per gerbong (www.bumn.go.id, 7 oktober 2003).

Besarnya subsidi BBM untuk premium dibatasi Rp 40 triliun tahun 2011, artinya ada subsidi untuk orang-orang kaya bermobil sebesar Rp 30 triliun untuk tahun 2011 saja. Jumlah itu cukup untuk membangun 201 kilometer jaringan monorail, atau 2.150 kilometer jaringan busway, atau menambah 80.000 gerbong KRL.

Ini belum menghitung dampak lingkungan, dampak ekonomisnya juga. Logikanya begini, apabila subsidi BBM itu dialihkan ke angkutan yang tersistem baik, maka akan mendorong pengalihan dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum yang lebih efisien. Dengan demikian maka tingkat polusi akan berkurang dan kemacetan juga berkurang.

Saya nggak tahu kenapa pemerintah takut mencabut subsidi premium untuk mobil pribadi. Molor-molor, dari Januari 2011, ke Juni 2011, terus gak ada kepastian gimana lagi. Ingat, subsidi itu kan uangnya kan dari saya juga yang bayar pajak (gila, baru tahu setelah nyusun SPT jumlahnya lumayan juga… bisa beli motor tuh). Padahal saya cuma naik bis, lihat ada Innova yang harganya lebih dari Rp 200 juta minum premium. Saya nyubsidi orang yang naik Innova dong? nggak tahu malu (ya nggak malu dong, wong masih berupa himbauan agar tidak pake BBM subsidi).

kau minum hak rakyat !

kau minum hak rakyat !

Siapa bilang negara kita gak mampu bikin mega proyek transportasi? wong kasih subsidi puluhan triliun setahunnya (yang cuma jadi kentut mobil doang) aja bisa kok.

he…he…he.. enak ya ngomong gini, soalnya saya bukan pembuat kebijakan.

Komentar
  1. nobody mengatakan:

    [HANYA KOMENTAR CURHAT DARI SEORANG PENGEMBARA]
    Alhamdulillah…
    Pasukan iblis sukses menyesatkan masyarakat, Gembong FreeMason Yahudi dan anteknya berhasil menjajah lahir bathin negeri ini, krisis Inflasi harga kebutuhan pokok meningkat, Penyakit hubungan kelamin merajalela, Korupsi jamaah pejabat menanjak, Jual beli jabatan pemilu berlanjut, Pengurasan sumber daya alam berjalan, Kebodohan berbasis kemiskinan bertambah, dan masih banyak lagi yang semua itu berujung pada pemurtadan rakyat banyak.
    Alhamdulillah…
    Sekarang kita dapat melihat dengan jelas kebobrokan sistem sekular jahiliyah yang selama ini telah kita terapkan dan kita tuhankan, karena kita telah membuang jauh-jauh sistem Islam kaffah ciptaan “Sang Maha Pencipta Sistem” dari kehidupan kita.
    Alhamdulillah…
    Sekarang kita dapat membuktikan kebenaran sabda Nabi Muhammad berikut ini:
    Dari Abdullah bin Umar dia berkata,
    “Rasulullah SAW menghadapkan wajah ke kami dan bersabda:
    “Wahai golongan Muhajirin, lima perkara apabila kalian mendapat cobaan dengannya, dan aku berlindung kepada Allah semoga kalian tidak mengalaminya;
    1. Tidaklah kekejian menyebar di suatu kaum, kemudian mereka melakukannya dengan terang-terangan kecuali akan tersebar di tengah mereka penyakit Tha’un dan penyakit-penyakit yang belum pernah terjadi terhadap para pendahulu mereka.
    2. Tidaklah mereka mengurangi timbangan dan takaran kecuali mereka akan disiksa dengan kemarau berkepanjangan dan penguasa yang zhalim.
    3. Tidaklah mereka enggan membayar zakat harta-harta mereka kecuali langit akan berhenti meneteskan air untuk mereka, kalau bukan karena hewan-hewan ternak niscaya mereka tidak akan diberi hujan.
    4. Tidaklah mereka melanggar janji Allah dan Rasul-Nya kecuali Allah akan kuasakan atas mereka musuh dari luar mereka dan menguasainya.
    5. Dan tidaklah pemimpin-pemimpin mereka enggan menjalankan hukum-hukum Allah dan tidak menganggap lebih baik apa yang diturunkan Allah, kecuali Allah akan menjadikan saling memerangi di antara mereka.””
    (HR Ibnu Majah nomor 4009, lafal baginya, dan riwayat Al-Bazar dan Al-Baihaqi, shahih lighoirihi menurut Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wat-Tarhib hadits nomor 1761).
    Sekarang manakah diantaranya yang belum terjadi? Masih belum cukup?
    Alhamdulillah…
    Selama generasi kita tidak memurikan tauhid dan tidak menerapkan sistem Islam kaffah (dalam khilafah), maka insyaAllah generasi penerus kita juga dapat langsung membuktikannya juga.
    Alhamdulillah…
    ________________
    “Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. 4:147)
    “Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.” (Q.S. 40:61)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s