Naik angkutan umum yuk!
Bila dibandingkan dengan kendaraan pribadi mungkin angkutan umum bisa lebih tak nyaman, lebih mahal atau lebih lama. Namun dibalik kekurangannya, ada hikmah yang tak ternilai, antara lain kesehatan. Sehat yang timbul dari aktivitas menumpang secara fisik dan keadaan yang mengkondisikan sehat batiniah. Nggak percaya?

1. Berdiri

Dengan berdiri artinya melatih keseimbangan tubuh. dalam Reader Digest Indonesia edisi Juni 2011, berdiri membakar kalori 17 kali lebih banyak dibandingkan duduk, bahkan bila tidak melakukan apapun. Hanya dengan berdiri saja selama 5 menit, sebanyak 15 kalori tubuh bisa terbakar. Apalagi dengan kondisi angkutan umum yang berdesakan, tangan berpegangan, dan panasnya angkutan, bayangkan berapa kalori yang dapat anda bakar. Bila ke gym/fitness centre anda harus membayar mahal, dengan waktu terbatas, di angkutan umum bisa cuma Rp 2.000, dengan waktu bisa lebih dari 1 jam.

2. Berjalan

Dengan naik angkutan umum, pasti kemungkinan berjalan lebih banyak daripada naik kendaraan pribadi. Usahakan mencapai halte, dari dan menuju rumah atau transit dengan berjalan kaki. Semakin lama berjalan, semakin banyak kalori yang terbakar. Sampai dengan 5 menit, kalori yang terbakar 5 kalori permenit. Sampai dengan 10 menit, kalori yang terbakar semakin banyak, jadi 6 kalori per menit. Oksigen juga semakin banyak diserap tubuh. Sampai dengan 20 menit, bertambah lagi menjadi 7 kalori per menit, seiring dengan pelepasan hormon epinephrin dan glucagon yang berfungsi mengatur metabolisme. Semakin banyak berjalan, tubuh akan mengeluarkan senyawa endorphin sehingga tubuh merasa segar, dan insulin. Dengan naik angkutan umum, berjalan kaki sudah menjadi suatu ‘paksaan’ yang menyehatkan (asal ati-ati, gak ketabrak motor dijalan)

3. Naik Tangga

Bila anda biasa naik busway, kebanyakan haltenya pasti di tengah jalan, sehingga pastilah anda akan naik tangga jembatan penyebarangan. Jika anda naik KRL, banyak stasiun yang harus melalui tangga, seperti di Tanahabang, Depok baru (untuk yang ekspres berangkat), dan di semua stasiun ‘atas’ (pasca manggarai tujuan Beos).

naiki jembatan penyeberangan (tapi jangan naik motor)

naiki jembatan penyeberangan (tapi jangan naik motor)

Atau yang naik bis atau angkot, ada kesempatan bila harus menyebarang jalan memakai jembatan penyebarangan. Berbahagialah, karena anda lebih sehat dan panjang umur. Menurut sebuah studi, setiap kita menaiki satu anak tangga, sebanyak 0,1 kalori terbakar. Sebaliknya, saat menuruni tangga, ada sebanyak 0,05 kalori yang terbakar. Menurut studi yang diterbitkan di European Heart Journal, para pekerja medis di rumah sakit rata-rata mengalami penurunan berat badan sebanyak 1,7 persen selama 12 minggu disebabkan aktivitas naik dan turun tangga. Risiko mereka untuk meninggal dini pun berkurang hingga 15 persen.

4. Bersedekah dan berbagi

Harta ini hanya titipan

Harta ini hanya titipan

Kelebihan naik angkutan umum dibanding naik mobil atau motor pribadi adalah banyaknya interaksi dengan pengemis. Tidak hanya di terminal, dalam bis, bahkan angkot, trotoar atau jembatan penyeberangan banyak orang yang mengemis. menurut ustad Yusuf Mansyur, banyak manfaat sedekah, diantaranya melipat gandakan rezeki kita. Dengan bersedekah kepekaan nurani kita lebih terasah, daripada para pejabat pembuat kebijakan yang hanya koar-koar di media massa. Menjadikan kita bersyukur bahwa kita lebih baik (eh… lebih baik daripada pengemis itu atau para pejabat?)

5. Menentramkan hati

asongan

asongan

Hampir sama dengan no.4, di terminal, bis, angkot, trotoar dan jembatan penyebarangan pun banyak dipenuhi penjual barang/asongan. Nafkah mereka sebagian besar berasal dari anda semua pengguna angkutan umum. Tetesan rezeki anda mengalir ke kantong-kantong mereka, menghidupi asap dapur mereka, menghiasi senyum anak istri mereka. Rasakan bahagia itu menentramkan hati ketika anda membeli barang mereka. Meskipun kecil, anda telah berbuat sesuatu untuk orang yang mau bekerja dengan halal menafkahi keluarganya.

6. Tenang, memindahkan risiko
Jika naik angkutan umum, kita tak memegang kendali. Sehingga bila ada apa-apa, misalnya menabrak motor di jalan kita tidak berurusan dengan hukum. Juga bila dengan keadaan itu kendaraan yang kita tumpangi rusak dan bonyok, kita nggak terlalu mikir servisnya atau repot ngurusnya (wong bukan kita punya). Jadi nggak ada beban. Dengan gitu bisa tidur, memanfaatkan waktu untuk istirahat sejenak. Tidur banyak manfaatnya untuk kesehatan fisik dan mental. Tidur ini kalo pake kendaraan pribadi mahal biayanya, harus punya mobil dan sopir. Bandingkan dengan bis patas AC, bayar 6000 rupiah kita udah punya sopir.

7. Kaya Pengalaman

Jelas dong. Kalo nggak, gimana saya bisa buat blog gini?

Komentar
  1. ridlo mengatakan:

    sayangnya masyarakat indonesia (orang indonesia) punya rasa gengsi yang sangat tinggi dan anehnya di pelihara dan dilestarikan itu yang menyebabkab angkutan umum sepi peminat(penumpang)

  2. kaosdagadu mengatakan:

    masalahnya angkutan umum disinitidak nyaman :
    1. berdiri, bikin haus, capek, dikantor jadi lemes, bau keringat, kaki pegel pegel
    2. berjalan, kekantor harus lebih pagi karena harus jalan, waktu untuk keluarga lebih dikit, mending naik motor,
    3. naik tangga, capek bianget ada gak lift sich
    4. Bersedekah dan berbagi, meskipun sudah banyak, tetep aja kecopetan
    5. Menentramkan hati, jualan bukan di tempatnya kok dipilihara, bikin angkot/ka tambah sesak, berisik, makan trotoar
    6. Tenang, memindahkan risiko, resiko ada dimana-mana, tertabrak bus, KA terguling, pesawat jatuh
    7 kaya pengalaman, tapi gak kaya duit, mending naik motor lebih irit

    • andrefeb mengatakan:

      wah thanks mas, malah jadi punya ide utk bikin tulisan. saya juga berpikir begitu, tapi kalo sedang naik motor. kalo sedang naik angkutan umum, mindsetnya saya balik. just enjoy, don’t be ‘ngersulo’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s