komentar di Kompas.com

Komentar seperti diatas yang nadanya sama banyak sekali. Mungkin itu juga pikiran bandar narkoba  (Nico alias Siang Fuk) yang nembaki busway koridor IX di Jalan Pluit Permai Raya, Sabtu 15/1/2011.

Kalo pola pikirnya yang bayar pajak yang berhak nikmati, yang kaya dong (yang pajaknya gede) yang paling berhak? Apa kata dunia?????

Banyak orang menuduh busway sebagai sumber kemacetan di Jakarta. Dulunya gak macet (?), terus ada busway jadi macet. Iseng-iseng saya kumpulkan angka-angka seputar transportasi di Jakarta, untuk ngetes aja apa bener begitu.

Ukuran Bus Transjakarta (non gandeng) adalah bis besar. Bis ini mempunyai panjang 12 m, lebar 2,5 m. Kita pakai tes adalah Koridor 1, yang mempunyai panjang 12,9 km. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, Busway koridor ini mempunyai headway (jeda antar bis) antara 1,56 menit sampai 1,63 menit pada jam sibuk. Okupansinya cukup tinggi, antara 80% sampai 90% dari kapasitas maksimum 85 orang dalam satu bis. Kecepatan rata-ratanya 19,52 km/jam. Sedangkan data okupansi loading (rata-rata penumpang) kendaraan pribadi bisa dilihat di sini.

Perhitungan kali ini sederhana, diambil dari logika seandainya jalur busway koridor 1 diisi oleh mobil atau sepeda motor, tidak lagi diisi bis Transjakarta, berapa sih penumpang yang bisa terangkut sepanjang jalur itu (hitungan sekejap).

1. Kondisi Standar

Asumsi headway (jeda antar bis) 5 menit, sesuai standar maksimum dari busway :

Spek Busway vs Pribadi

Sedangkan untuk mobil dan motor saya pakai spek Avanza dan Supra X 125. Dari angka-angka tersebut saya masukkan dalam perhitungan sederhana saya :

Disini rasio ruang Bis Transjakarta di jalan sebanding dengan 4sepeda motor dan 2 mobil. Lho kok sedikit? mari lihat gambar ini :

Disini rasionya dalam kondisi bergerak. Jarak aman antar kendaraan adalah 3,6 meter. Hitungan didapat dari kecepatan rata-rata kendaraan di Jakarta yaitu 13 km/jam, diformulasikan dengan perhitungan jarak aman yaitu 2 detik.

Hasil dari perhitungan total orang yang terangkut dengan Bis Transjakarta dibandingkan mobil adalah hampir 3x lipat. Sedangkan bila dengan sepeda motor adalah 1,5 kalinya.

2. Kondisi jam sibuk

Asumsi macet, jadi kecepatan kendaraan (selain busway) hanya 5 km/jam, sehingga jarak aman jadi 1,4 meter. Busway tetap 19,52 km/jam. Namun sesuai dengan penelitian diatas, pada saat jam sibuk, headway antar bis meningkat, rata-rata jadi cuma 1,6 menit.

Hasilnya jadi :

Hasil dari perhitungan total orang yang terangkut dengan Bis Transjakarta dibandingkan mobil adalah lebih dari 5 x lipat. Sedangkan bila dengan sepeda motor lebih dari 2 kalinya.

Memang dalam kenyataannya tidak mungkin melulu mobil atau motor, melainkan kondisinya kombinasi. Tapi setidaknya dari situ terlihat gambaran minimal dan maksimumnya.

Jadi? Silakan disimpulkan sendiri sebenarnya apa bener Busway itu malah bikin macet. Bukannya memang macet makin parah, dan momennya pas busway diperbanyak.

Namun yang menjadi faktor penentu sebenarnya jeda antar bis Transjakarta. Contohnya di Kondisi standar, kalo headway lebih dari 8 menit, masih banyak orang yang bisa diangkut motor. Bahkan kalo lebih lebih dari 15 menit, masih banyak penumpang mobil. Sedang dalam kondisi jam sibuk, kalo headway lebih dari 5 menit, masih banyak orang yang bisa diangkut motor. Bahkan kalo lebih lebih dari 11 menit, masih banyak penumpang mobil.

Logikanya, jalur busway kalo kebanyakan kosong ya mubazir, wong di kanan kirinya muacet…cet.

Harapannya, busway bisa lebih cepat menembus kemacetan, seperti saudaranya yang sudah lahir lebih dulu, KRL. Banyak orang mau meninggalkan mobil pribadi dengan naik KRL (ekspress), alasannya cuma 1 : KECEPATAN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s