Menyambung tulisan sebelumnya, bila tulisan-tulisan sebelumnya masih seputar Jakarta, kali ketiga ini saya mau ajak jalan keluar Jakarta. Apa Jakarta sudah habis? belum… banyak yang masih bisa dieksplorasi lagi (saya tidak akan membahas ‘wisata’ mall), tapi karena sudah jenuh, mari kita keluar Jakarta. Tapi ya belum jauh-jauh, karena masih seputar Jabodetabek (tepatnya, Bogor dan Depok).

1. Taman Safari Indonesia – Cisarua

Tempat ini kayaknya favorit banget, mengingat begitu macetnya jalan menuju kesana. Jaraknya sekitar 78 Km dari Jakarta, 20 Km dari Bogor, dan 80 Km dari Bandung, kearah Puncak.

Kayaknya kalo kesana naik mobil semua. Tapi bisa kok naik angkutan umum kesana, cuma memang perjuangannya lebih banyak, karena banyak oper-oper dan merupakan angkutan pedesaan/antar kota.

Dari Jakarta harus ke Bogor dulu. Misalnya  dari terminal Lebak Bulus naik  Bis Agra Mas ke Bogor, dengan tujuan Terminal Baranangsiang. Kalo naik KRL, turun Stasiun Bogor, lanjut dengan angkot 03 (Bubulak – Baranangsiang). Dari Barangsiang kemudian naik  angkot 01 (jurusan Baranangsiang – Ciawi) transit di Tajur, naik Angkot tujuan Cisarua, turun di pertigaan Taman Safari. Selanjutnya bisa lanjut dengan angkot atau ojek untuk masuk kedalam Taman Safari Indonesia. Kalau mau jalan silakan, jaraknya sekitar 4 Km dari pertigaan Taman Safari, Jalan Puncak Raya, koordinatnya di S 6 42.859 E 106 56.834.

Kalo mau masuk, nggak boleh jalan kaki, soalnya di Taman Safari ini yang dikurung pengunjungnya, bukan binatangnya. Jadi gimana dong, kan nggak bawa mobil? tenang, Taman Safari Indonesia menyediakan angkutan khusus untuk penumpang yang nggak bawa mobil.

Udara di sini lumayan sejuk. Ada banyak penginapan di disana, baik yang disediakan Taman Safari sendiri maupun di sekitarnya (kalo kemaleman pulang). Yang perlu diingat, beberapa atraksi hanya buka di hari weekend saja. Tapi ingat juga, waktu weekend macetnya luar biasa. Jangan sampai setelah riang di sana, pulangnya ‘meriang’ karena macetnya parah banget.

2. Taman Buah Mekarsari

Taman ini ada di daerah Jonggol, Cileungsi, Bogor. Koordinatnya di S 6  24.652 dan E 106  59.271. Ada apa disana? tentu ada buah. hehehehe… gak cuma itu saja, di sana ada tempat outbound, camping ground, permainan anak dan danau wisata. Disebelahnya ada kolam renang Amazing waterpark.

Kalau mau ke danau, naik kendaraan berbentuk kereta/trem.

kereta mekarsari

Mau Mekarsari? gampang :

Dari UKI :

Naik angkot elf coklat no 59  jurusan UKI – Cileungsi,turun di Perempatan Cileungsi (dibawah fly over Cileungsi), oper angkot 64 (jurusan Jonggol), turun di depan Mekarsari.

Dari Kampung Rambutan :

Naik angkot 121 (tujuan Cileungsi), turun di perempatan Cileungsi, selanjutnya sama, naik angkot 64. Atau naik Naik bis kecil jurusan Kampung Rambutan – Jonggol turun di depan Gerbang Mekarsari.

Dari Senen :

Naik Bis Besar Metro mini (Jurusan Senen – Cileungsi), turun di perempatan Cileungsi. selanjutnya sama, naik 64.

Dari Priok :

Naik Bis  Mayasari Bhakti no 42 Jurusan Tanjung Priuk – Cileungsi, turun di perempatan Cileungsi. Terus naik 64.

Dari Pulogadung :

Naik bis kecil jurusan Pulogadung – Jonggol, turun di depan Gerbang Mekarsari

Dari Depok :

Naik angkot ke Cisalak (Misalnya D-06 Depok-Pasar Cisalak), lalu naik angkot 79, Jurusan Cisalak – Leuwi Gintung, turun didepan Plaza Cibubur, dilanjutkan naik Angkot 121 Jurusan Kp. Rambutan-Cileungsi, turun di Perempatan Cileungsi. Atau kalo dari Gas alam bisa naik Angkot P01 Jurusan Gas Alam-Cileungsi, turun di Perempatan Cileungsi. Lalu ceritanya sama, naik angkot 64.

Dari Bekasi :

Naik bis kecil jurusan Bekasi- Jonggol turun di depan Gerbang Mekarsari.

Dari Cibinong/Citeureup :

Naik angkot 64 Jurusan Jonggol. Tapi angkot ini jarang yang sampai ke Jonggol (hanya sampai ke Cileungsi) jadi dari Cileungsi harus nyambung lagi naik angkot yang sama jurusan Jonggol.

Dari Bogor :

Dari Barangsiang naik Bis kecil jurusan Bogor- Jonggol turun di depan Gerbang Mekarsari. Kalau dari Terminal Bubulak naik angkutan Elf jurusan Laladon/Bubulak – Cileungsi, turun di perempatan Cileungsi. Kalau dari Ciawi, naik angkot jurusan Ciawi – Cileungsi, turun di perempatan Cileungsi. Lalu ceritanya sama, naik angkot 64.

Dari Cianjur/Bandung :

Naik bis jurusan Jakarta yang melewati rute Jonggol, turun didepan gerbang Mekarsari.

3. Kebun Raya Bogor

Kalau ke Bogor, ada yang nggak sreg kalo nggak ke Kebun Raya Bogor. Kebun Raya ini konon berada di titik nol kota Buitenzorg (Bogor era kompeni). Disini ada istana Bogor yang berbatas pagar dan danau dengan Kebun Raya.

istana bogor dari kebun raya

Mau Kebun Raya Bogor sebenarnya sangat mudah, soalnya lokasinya memang di tengah kota Bogor, dan dekat stasiun Bogor (kota). Kebanyakan angkot melewatinya. Dari Stasiun Bogor, naik aja angkot ijo 02, jurusan Sukasari-Bubulak. Selain angkot 02, bisa naik angkot 6 (Ciheuleut-Ramayana) atau angkot 10 (Bentar- Kemang- merdeka). Tapi ingat dari Stasiun Bogor, macet karena jejeran angkot yang ngetem. Kalau mau cepat ya naik ojek, atau jalan dulu ke depan.

Kalo mau jalan kaki sih bisa juga, tak sampai 1 Km  sudah bisa sampai pagarnya Kebun Raya (tapi kalau sampe ke gerbangnya, bisa 2 Km). Tapi ingat di dalam Kebun Raya gak ada angkutan, jadi harus jalan kaki, so hematlah kaki anda.

4. Mesjid Kubah Mas dan Kampung 99 Pepohonan (Kampung Rusa)

Ini lokasinya dekat dengan Jakarta, lokasinya di Meruyung, Limo, Depok. Mesjid ini aslinya bernama Mesjid Dian Al Mahri, tapi lebih terkenal dengan sebutan Mesjid Kubah Mas, karena …… (jawab sendiri ah).

Mesjid Kubah Mas

Kalo mau kesana gampang, dari terminal Depok naik saja angkot 03 jurusan Parung (jangan khawatir kehabisan, angkot ini sangat dominan disana, bisa 24 jam). Lalu turun di pertigaan Parung bingung (kenapa dinamai gini? bingung khan?), oper angkot 102 yang banyak ngetem di pertigaan, lalu turun di seberang gerbang Mesjid Kubah Mas (kelihatan dari jalan). Kalau dari arah Cinere, bisa naik angkot 102 itu, turun di gerbang masjid (gak perlu nyeberang).

kampung 99 pepohonan

Diseberang Mesjid Kubah Mas, ada gapura menuju kampung, yang terkenal dengan sebutan Kampung 99 pepohonan (atau Kampung Rusa), disebut demikian karena ada rusa dan ada banyak pepohonan (tapi gak tahu apa jumlahnya 99). Di kampung yang berwawasan lingkungan ini ada arena outbound, membajaj.. eh membajak sawah (piracy is our culture !), dan penjualan aneka produk alami seperti yoghurt buah, susu kambing dan hasil kebun. Karena lokasinya agak masuk, kalo bingung, koordinatnya : S 6 23.092 dan E 106 45.888. Atau tanya saja orang di dekat Mesjid Kubah Mas, pasti tahu semua.

Komentar
  1. kukuh budiharso mengatakan:

    makasih infonya………….
    salam kenal http://budiharso.wordpress.com

  2. ardiantono mengatakan:

    Terimakasih sebelumnya udah memasukkan saya sebagai kontributor…
    numpang tanya kebetulan saya juga mau memasukkan tulisan tentang tempat wisata (khususnya di daerah jogja) tapi ko g bisa masukkin foto ya??apa memamng kewenangannya tidak bisa??

    • andrefeb mengatakan:

      monggo silakan. jaman sekarang ini jarak bukan masalah. kalo saya mau ke Jokja atau ke tempat lain bisa sangat berguna (saya dulu pernah tidur di trotoar malioboro gara-gara gak tahu informasi)

  3. alifaniye mengatakan:

    mirip dengan pertanyaan di tulisan sebelumnya, kalo dari kampung rambutan mau ke masjid kubah mas, naik angkot berapa aj? ato bus apa? terimakasih…

  4. yessy mengatakan:

    kalau dari stasiun bogor ke mekar sari naik apa?

  5. Ratna Dwi Kurniawati mengatakan:

    ikutan nanya, kalau dari kebun raya mau ke taman safari, naiknya angkot nomor berapa ya?thanks

  6. aadhianty mengatakan:

    Klo dari cibinong mau ke Cirendeu naik apa? Tolong bantu saya

  7. leyn mengatakan:

    mas, kalau dalam sehari berkunjung ke tamansafari dan taman buah mekarsari itu cukup hak ya waktunya? makasi

  8. Eza Virmansha mengatakan:

    1.Kalo dari satsiyn kereta tangerang ke daerah plaza cibubur harus tueun di stasiun mana dan apa harus naek angkot lagi apa tidak.

    2. Kalo dari tol karawaci naek kendaraan umum bis apa ke plaza cibubur dan harus naek berapa kali angkot dan angkot nomor berapa jurusannya. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s