Ada kenangan dengan Marina, yang tak terlupakan sampai sekarang. Mengingat Marina, jadi teringat dengan hari-hari pertama pernikahan saya. Bukan, Marina bukan istri saya, juga bukan kekasih gelap saya.

KM Marina Nusantara semasa jaya

Dia adalah KM Marina Nusantara, kapal ro-ro trayek Surabaya-Banjarmasin milik PT Prima Vista. Kapal itu yang mengantarkan saya dan istri saya ke Banjarmasin beberapa hari setelah pernikahan kami. Jadi kami ‘berbulan madu’ di kamar VIP kapal itu. Itulah pengalaman pertama kami naik kapal antar pulau lebih dari 12 jam. Selama perjalanannya 20 jam ke Banjarmasin, kami merasakan sendiri begitu jauhnya jarak antara kampung halaman menuju tanah perantauan (beda ketika naik pesawat yang cuma 1 jam).

Kini Marina tinggal kenangan. Senin, 26 September 2011, KM Marina Nusantara terbakar setelah bertabrakan dengan tongkang batubara. Kejadian ini saya menjadi ingin menangis, bukan semata untuk kenangan masa lalu, tapi mengenai jeleknya transportasi di Indonesia, khususnya transportasi laut.

KM Marina ketabrak tongkang batubara

KM Marina Nusantara on fire

KM Marina Nusantara setelah 'dipanggang'

Negeri ini kepulauan…

nenek moyang kita pelaut…

Tapi semua sepertinya tinggal kenangan, seperti KM Marina Nusantara yang pelan-pelan akan terhapus kenangannya.

Komentar
  1. ucha mengatakan:

    om, terus sekarang kalau via laut alternatif naik kapalnya apa om? harga naik kapal laut berapa om saya punya rencana ke Bjm soalnya makasi om…
    serius ini situs isinya semua yg saya butuhin…

    • andrefeb mengatakan:

      setelah marina kebakar, tampaknya cuma KM Kumala yg masih bisa disarankan. tp pengalaman saya dulu paling enak Pelni. cuma skrg udah gak ada. Dharma lautan (KM Kumala) menurut saya pribadi lebih baik service nya daripada Primavista (operator Marina). CMiIW

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s