Dalam survei yang dilakukan oleh YLKI, ada tujuh poin yang dikeluhkan oleh pengguna busway transjakarta, yaitu :

(1) waktu tunggu yang lama

(2) jarak tempuh yang panjang

(3) keselamatan dan keamanan

(4) kenyamanan

(5) sistem informasi seperti jadwal dan tiket

(6) aksesibilitas halte yang belum optimal, seperti untuk penyandang cacat, jembatan penyeberangan orang (JPO) yang rusak dan panjang

(7) kebersihan di halte, JPO dan di dalam bus.

Dari sisi regulator, Pemprov (seperti sudah bisa dilihat) memang tidak serius menggarap transjakarta. Pelayanannya tidak naik-naik, juga gaji sopirnya (tapi ada isu mau dinaikkan). Padahal dibalik semua keluhan ini, ternyata  busway semakin diminati.

Akhirnya YLKI menyimpulkan bahwa pelayanan busway di Indonesia adalah yang terburuk di dunia. Satu lagi rekor dunia pecah.

Wah jadinya kok cemen gini ya. Bisanya mengeluh saja. Padahal sebagai penumpang, etika saya juga rendah. Tapi, tunggu dulu, bukannya mau membela diri. Etika di busway itu apa sih? Kok berebut naik bis yang langka karena takut telat karena tak ada jaminan bis belakang bisa dimasuki lagi disebut tak beretika? kok pake standar etika barat untuk kondisi Indonesia? Kan gak match kalo pelayanan busway terburuk di dunia penumpangnya punya etika terbaik. Njomplang gitu lho.

Tapi, sebagai pengguna setia bis non busway, saya merasa gimana gitu lho… busway itu sesuatu banget di Jakarta ini. Bila ada jalur busway dan kendaraan umum lain (non KRL atau Taksi) saya masih lebih memilih naik busway. Bukannya apa, namun saya pengguna bis non busway seperti metromini nggak pernah disurvei. Kok kayaknya dianaktirikan, padahal saya kan juga berhak mendapatkan hak sebagai penumpang, dan operator bis juga berhak mencari nafkah. Apa mau dibiarkan mati sendiri bis-bis non busway, seperti PPD, Kopaja, Metromini dan PO bis lain? Jangan sampai busway hanya menjadi pemain tunggal yang memonopoli sehingga tak punya alternatif. Jadinya seperti dalam draconian era. Jadi kayaknya busway harus punya saingan (dibaca : angkutan selain busway juga harus ditingkatkan pelayanan dan kelangsungan hidup operatornya).

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s