Akhir pekan kemarin, saya naik KRL Commuter line ke Jakarta Kota. Berbeda dengan hari kerja, cukup banyak kursi yang kosong sehingga saya bisa lebih santai. KRL eks Jepang yang ber-ac ini cukup bersih meskipun umurnya sudah uzur. Tak seperti Bis Transjakarta yang mulai banyak yang kusam dan mulai “mreteli” alias banyak yang copot.

Tapi… wah, kok banyak banget sampah disini…

sampah bertebaran di KRL

Mulai dari koran, bungkus makanan, plastik-plastik dan nggak tahu apa lagi. Sebenarnya pikiran spontan yang ada di kepala saya adalah ” kenapa sih nggak ada petugas kebersihan yang membersihkan sampah-sampah ini?”.

Tapi kemudian mata tertuju kepada 10 larangan di KRL :

10 Larangan di KRL

Sebenarnya makan-minum, membuang sampah dan duduk di lantai memang dilarang dilakukan di KRL. Makan dan minum selain bisa menimbulkan noda, juga bungkusnya menjadi sampah. Demikian juga dengan duduk dilantai beralas koran. Semuanya kegiatan yang memproduksi sampah. Jadi sebenarnya ya salah penumpang sendiri.

Pasti ada yang beralasan, nggak disediakan tempat sampah sih. Lho, sejak kapan di angkutan massal ada tempat sampah? bayangkan saat kondisi penuh sesak, tempat sampah tentunya jadi gangguan. Jadi, sampah memang harus dibuang di stasiun, sebelum atau sesudah naik KRL.

Saya pernah melihat ada seseorang yang membuang satu kantong plastik sampah di sambungan antar gerbong. Tadinya saya kira dia pasang bom…. Pasti para insinyur perancang KRL Jepang nggak menyangka kalo penutup sambungan antar gerbong bisa beralih fungsi menjadi tempat sampah.

Sampah-sampah ini baru terlihat jelas ketika KRL kosong. Jadi sehari-harinya ketika penuh sesak, sebenarnya banyak sampah yang bertebaran namun tersembunyi dari pandangan.

10 Larangan di KRL itu dulu deh yang diefektifkan…. nggak ada sanksinya sih…

Komentar
  1. early mengatakan:

    sedih bangeeetttt…bener-bener masalah kebiasaan buang sampah sembarangan ini adalah PR besar bagi bangsa kita !

  2. gembel mengatakan:

    kirain orang-orang yang naik commuter line orang-orang berpendidikan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s