Apa sih yang membedakan bawa kendaraan sendiri dengan naik angkutan umum? bisa lirak-lirik kanan kiri. Jangan berpikir negatif dulu, karena lirak-lirik ini artinya memperhatikan suasana pinggir jalan.

Ini sih pendapat saya pribadi. Soalnya bila saya nyetir mobil atau motor, fokus perhatian adalah jalan dan lalu lintasnya, sehingga jarang bisa melihat pinggiran jalan, bila tidak macet.

Jadi seringkali di jalan yang sama, bila saya naik angkot atau bis, saya baru tahu misalnya ada toko X, atau warung Y, atau POI (point of interest) lain yang tidak saya perhatikan bila saya menyetir sendiri.

Bukan sekadar penglihatan visual saja, namun informasi tambahan lain bisa berasal dari sopir/kenek atau penumpang lain. Misalnya di daerah Pondok Labu, saya baru tahu di sebuah rumah yang ramai sekali, banyak ibu-ibu datang kesana, ternyata adalah tempat pijat bayi/anak-anak yang terkenal. Informasi tersebut dari penumpang yang turun disana.

Jadi, kalau naik angkutan umum, kita bisa bertanya, atau bahkan tanpa perlu bertanya, maka informasi bisa datang sendiri dari pihak yang berpengalaman di daerah itu. Bahkan POI di GPS Garmin saya yang mengandalkan peta Navnet dan peta City Navigator pun kalah lengkap. Namun pengalaman saya informasi yang lebih sahih adalah angkot, daripada bis. Mungkin karena jalur bis lebih panjang dan kompleks.

Memang sih, dalam beberapa keadaan saya tidak bisa lirak-lirik kanan-kiri. Misalnya saat di KRL atau bis yang penuh sesak (dan posisinya berdiri). Maka itu posisi saya favorit saya di angkot adalah di belakang sendiri (dekat kaca).

Lirak-lirik juga bisa ke pengguna jalan. Misalnya saya sering melihati helm orang-orang, kok bagus-bagus ya, nggak kayak helm saya yang seperti batok. Atau melihat aksesoris/modifikasi kendaraan-kendaraan yang lewat, lumayan buat ide.

Dalam beberapa keadaan, lirak-lirik tidak perlu ke jalan atau pinggir jalan, namun cukup dalam angkutan umum. Keadaan apa itu? Keadaan tersebut : kalau ada makhluk manis dalam bis/angkutan umum.

contoh pemandangan yang bisa dinikmati dalam angkutan umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s