Setelah ‘sukses’ meluncurkan Kopaja AC S-13, Kopaja resmi meluncurkan 30 bus baru dengan AC, GPS, wi-fi, kartu pembayaran elektronik, layanan SMS khusus untuk kedatangan bus, dan tripod barrier pada pintu masuk, pada 5 Juli 2012. Kalo ada yang tanya buat apa GPS itu, apa sopirnya nggak hapal jalan? Oh, ternyata GPS itu untuk mengontrol jalur dan kecepatan kendaraan akan dikontrol. Dengan sistem dualcontrol, kendaraan yang melanggar aturan kecepatan maupun keluar jalur bisa dihentikan, mesinnya dimatikan dari pusat kontrol. Wah… ini baru berita.. misalnya saja kurang koordinasi dengan kantor pusat karena ada pengalihan arus…. mesin dimatikan, he..he..he..

Bus-bus baru tersebut akan melayani rute P-19 (Ragunan-Tanah Abang) dan P-20 (Lebak Bulus-Senen). Jalur ini terkenal ramai, dengan jumlah armada yang relatif banyak. Tentunya dengan fasilitas yang ada, harganya tidak bisa disamakan dengan yang biasa. Rencananya tarif akan dipatok Rp 5.000, meskipun kemungkinan (besar) bisa dinaikkan menjadi Rp 7.000.

Sepanjang pengalaman saya naik S-13, Kopaja AC itu tak pernah sampai kepenuhan. Berhentinya sama saja seperti kopaja lainnya, hanya ‘kelakuannya’ lebih tenang dari Kopaja biasa. Tripod barrier juga tidak berfungsi maksimal, malah saya sering kecantol (banyak yang kemudian ditiadakan keberadaannya).

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya disini, memang Kopaja AC tidak menawarkan kecepatan atau berkurangnya waktu tempuh, namun memilih ‘berkompromi’ agar lebih nyaman ‘menikmati’ kemacetan yang ada.

cafe bus (gambar dari okinawahai)

Saya jadi punya ide, gimana kalo membuat bus kota seperti Kopaja menjadi seperti cafe berjalan yang lengkap? jadi daripada nunggu macet di cafe-cafe di mall, mendingan sekalian ngafe sambil pulang. Masalah tarif… gak masalah… kan ini cafe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s