Amuk massa di jalan tol karena penutupan terminal (bayangan) Jatibening pada hari Jumat di minggu pertama puasa kemarin akhirnya mengurungkan usaha pengelola jalan tol untuk menutup terminal Jatibening.

image

Kejadian ini membuat saya berpikir, bahwa memang jalan tol didesain untuk kendaraan pribadi. Tak ada desain yang memungkinkan pengguna transportasi umum untuk transit dalam ruas tol. Namun kenyataannya, banyak bis kota (kalo di jabodetabek sih sudah antar provinsi) yang melalui jalan tol, misalnya ke Bekasi atau Cikarang. Tidak semua penumpangnya penumpang ‘batu’, dari ujung ke ujung. Banyak yang harus berpindah jurusan.

Keputusan bis penumpang umum untuk lewat tol juga logis, untuk mempersingkat waktu (artinya junlah tripnya meningkat) daripada bermacet-macet ria. Umumnya bis yang masuk tol adalah bis-bis yang jarak panjang, meliputi areal komuter di Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, sampai yang benar-benar bis antarkota. Tentunya tak efektif bila bis tersebut keluar-masuk tol untuk menaik-turunkan sejumlah penumpang, karena keluar dan masuk pintu tol memerlukan perjuangan terutama di jam sibuk, selain juga berat di ongkos.

image

Akhirnya setelah aksi bakar-bakaran, baru terpikir untuk mengakomodasi masyarakat penumpang umum untuk transit di tol. Menurut saya sih… amuk massa di Jatibening itu harusnya lebih dipandang sebagai tuntutan agar pengguna angkutan umum jugai berhak mendapat fasilitas di jalan tol. Selama ini di jalan tol dibuat rest area, pompa bensin, restoran dll, tapi tak ada tempat bagi penumpang umum untuk transit.
Namun fasilitas transit itu juga harusnya dibuat sistem yang baik dan ditertibkan agar tak mengganggu jalannya arus di tol. Sebab sudah jadi kebiasaan kalo yang namanya terminal di Jabodetabek identik dengan kesemrawutan dan kemacetan. Dan pastinya juga dibuat atau disesuaikan dengan dasar hukum yang ada.
Sebab, sungguh tak adil bila lancarnya tol tak bisa dinikmati penumpang umum.

Posted from WordPress for Android

Komentar
  1. om mengatakan:

    mantab nih tulisannya, semoga pemerintah kita bisa melihat hal-hal seperti ini dan juga mau bertindak untuk memperbaiki..

  2. kikils mengatakan:

    bener banget .. semoga fasilitas transit diadakan dengan baik

  3. nanayusuf mengatakan:

    Jadi sekarang penumpang bis luar kota nggak bisa turun di terminal bayangan jati bening ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s