Di era 90a-an, ada game yang populer saat itu, yaitu Transport Tycoon. Intinya adalah transportasi. Game ini cukup maju untuk kategori saat itu. Meskipun under DOS, tapi memakai mouse dan tampilan landskapnya seperti 3 dimensi (meskipun sebenarnya proyeksi 2 dimensi). Game ini dikembangkan oleh Chris Sawyer, diluncurkan oleh Microprose.

Kemudian era windows, dibuatlah Transport Tycoon Deluxe (TTD) yang merupakan pengembangan dari versi DOS. Meskipun Game ini dulu masih berbasis grafik DOS, 256 warna. Soundnya masih menggunakan soundblaster, namun bisa membuat sibuk pemainnya mengatur armada transportasi menghadapi perubahan sumber daya, perkembangan ekonomi, keusangan dan kerusakan, kemajuan teknologi transportasi dan juga persaingan usaha. Bahkan juga ditambah dengan hubungan dengan otoritas (pemerintah kota).

Segala moda angkutan ada, mulai jalan darat (bis dan truk barang), kereta api (rel biasa, listrik, monorel sampai maglev), pesawat udara dan kapal laut. Game ini membuka mata saya bahwa ternyata dengan transportasi suatu daerah bisa berkembang dan memberikan kekayaan luar biasa bagi pemilik transportasi itu.

Namun sayang keasyikan bermain game yang agak rumit itu harus berhenti, karena ternyata TTD tidak dikembangkan lagi versinya yang lebih mengikuti perkembangan jaman dan teknologi komputer.

Tapi jangan nangis dulu. Sekarang ada OpenTTD,  duplikat Transportasi Tycoon Deluxe ‘ s yang memiliki tambahan, termasuk berbagai ukuran peta, dukungan untuk banyak bahasa, kustomisasi artificial intellegence dan currency, kustomasi download, bisa digunakan di beberapa sistem operasi , juga mendukung LAN dan Internet multiplayer, baik koperasi dan kompetitif, hingga 255 pemain.

OpenTTD sedang dalam pembangunan berkelanjutan dan merupakan game open source populer. Menurut sebuah studi dari 61.154 proyek open source di SourceForge pada periode antara 1999-2005, OpenTTD peringkat 8 proyek open source yang paling aktif untuk menerima patch dan kontribusi.

Bagi yang mau download gratis, bisa buka di situs resminya Open TTD di http://www.openttd.org/en/ . File downloadnya cuma sekitar 3 Mb, tetapi pluginnya bisa kita pilih setelah game berhasil dijalankan dan besarnya bisa sampei 150Mb.

Komentar
  1. agustms mengatakan:

    saya dan anak saya sangat menyukai game ini terutama yang 32bpp dimana bisa di zoom ,namun sepertinya belum ada komunitas di indonesia untuk tempat bertanya dan berbagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s