wpid-20141118_070255.jpgBagi yang biasa naik angkot, mestinya sudah kenal dengan istilah 4 – 6. Ya, kapasitas bangku angkot dirancang untuk diisi 4 orang di sebelah kiri dan 6 orang disebelah kanan. Di depan sebelah sopir diisi 1 orang. Standarnya total 11 penumpang yang bisa diangkut. Dalam prakteknya, selain kursi depan diisi 2 orang, kadang ditambah bangku ‘amatir’ kapasitas 2 orang di dekat pintu yang berguna untuk menyusahkan orang naik-turun. Jadi maksimal bisa mengangkut 14 orang. Itu tak termasuk 2 penumpang yang bisa bergelantung di pintu.

Tapi sekarang saya merasakan konfigurasi standar itu sudah goyah akhir-akhir ini.  Isian 4-6 orang di bangku sering tidak muat. Saya mulai menuduh penyebabnya adalah karena kemakmuran sudah meningkat di negara kita sehingga ukuran pantat penumpang mekar.

Kalo tuduhan saya tadi bener, artinya jenis angkot yang biasanya Suzuki Carry, Daihatsu Espass atau Toyota Kijang yang biasanya dipakai sudah tidak memadai penumpang yang semakin makmur. Memang sekarang banyak yang memakai Daihatsu Granmax atau Suzuki APV sebagai angkot. Dimensinya memangg lebih lebar. Tapi sepanjang saya naik, masalahnya bukan di lebar, tapi panjang. Sehingga problema bangku 4 – 6 ya tetap saja timbul.

Untunglah sekarang ada jenis kendaraan yang sudah mulai dipakai angkot, yaitu Tata Super Ace. Kendaraan ini tidak lebih lebar, tapi jauh lebih panjang, sehingga daya angkut lebih banyak.

Angkot Tata Super Ace_Perspective View

foto dari : http://membelipengalaman.blogspot.co.id/2015/04/angkot-india-tata-super-ace-yang-unik.html

 

Yah… semoga pengusaha angkot juga mensurvei ukuran pantat rata-rata penumpang sekarang yang seperti tuduhan saya tadi; lebih lebar daripada dekade sebelumnya. Sehingga tidak memaksakan tanpa update kondisi terkini seperti kasus bangku 4 – 6 pada angkot-angkot sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s