Archive for the ‘panduan & map’ Category

Bogor karena letaknya yang dekat dengan Jakarta sering menjadi tujuan wisata maupun tujuan lain. Pergi kesana pun mudah dan murah, misalnya dengan KRL. Namun, setelah turun dari KRL, ratusan angkot dengan warna hijau kadang membikin pusing. Mau kemana kita? Jangan khawatir, sekarang sudah ada panduannya via web. Cukup kunjungi situs http://angkotkotabogor.big.go.id/, maka kita akan lebih mudah untuk bepergian di Bogor dengan angkot.

peta angkot Bogor

Namun situs ini ketika saya coba via smartphone sangat berat, karena kayaknya tidak ada versi mobilenya. Jadi sebelum bepergian ke Bogor naik angkot dibuka dulu saja via komputer.

Demikian, jika penasaran langsung saja ke situs http://angkotkotabogor.big.go.id/ dan baca petunjuknya.

Iklan

Ingin mencari rute angkutan umum di Jakarta secara interaktif?

klik situs ini :

http://www.transportumum.com/jakarta/peta-angkutan-umum-jakarta/

Lumayan untuk mengetahui trayek mulai dari KRL, busway, sampai angkot/mikrolet. Meski tidak semua tercakup namun cukup membantu.

Tampilannya adalah seperti ini :

peta transportumum

peta transportumum

Seperti perang, siapa yang mengenal medan lebih baik, dia akan menang. Informasi yang sering dibutuhkan bagi pengguna angkutan umum adalah jalur yang dilalui angkutan umum, jadwal, dan apa moda yang dipilih. Sekarang Google map menyediakan fasilitas yang memudahkan pengguna angkutan umum.

Misalnya, kalo kita dari Slipi, kita bisa melihat apa saja angkutan (bis) yang melewati halte disana, sekaligus jadwalnya.

Halte di Slipi di Google Map

Coba klik saja halte (icon bertanda bis), dan muncul informasi seperti diatas. Jika kita klik lagi kode bis yang ada, maka akan muncul jadwalnya.

jadwal bis di Google Maps

Ok bukan? bukan….

Sekilas memang sangat membantu, tapi harap diingat, bahwa informasi diatas kurang valid. Banyak bis yang tidak tercantum dalam informasi tersebut, bahkan juga banyak bis ‘fiktif’, entah informasinya salah atau bis itu telah tidak lagi beroperasi. Belum lagi masalah jadwal, maupun halte yang ada. Sebab sangat susah untuk melakukan pemutakhiran dan validasi data  dalam kesemrawutan angkutan umum di Jakarta. Namun setidaknya usaha Google ini bisa membantu, namun di lapangan, kita yang harus aktif mencari tahu sendiri dengan banyak bertanya, kalau perlu crosscheck dengan banyak orang karena informasi juga sering salah.

Untuk halte busway, lebih valid karena sumbernya mengacu pada pengelola transjakarta, disamping transjakarta sendiri sudah tersistem. Namun untuk tampilan lebih bagus di program Aplikasi Android, Komutta, yang menampilkan track dan halte busway di google maps.

Upaya Komutta sudah mendekati informasi angkutan di Singapura.

informasi jalur dan track di publictrans.sg

Kapan ya… kita punya transportasi umum seperti negara jiran itu? Bukan sekadar informasi mengenai angkutan umum, namun penerapan sistem angkutan umumnya… wahhh… mimpi kali yeeee…

Tulisan ini membahas kembali aplikasi Komutta, yang sudah menjadi aplikasi android favorit di Indonesia.

Para pengguna handset android layak berbangga, karena menjelang berlakunya single operation KRL, Komutta, aplikasi mengenai informasi angkutan umum di android menyambut dengan versi terbaru, yaitu versi 0.7.1.
Versi ini tentu saja memuat jadwal baru KRL per 2 Juli 2011.  Jadwal ini bagi para pengguna KRL sangat berguna, karena rata-rata belum hapal. Hari gini masih beli fotokopian jadwal KRL di stasiun? Kan ada android dan Komutta.
Apa hanya itu? Nggak dong. Ada tambahan untuk 428 jurusan angkot. Juga sekarang lebih rapi kategorisasinya. Peta Google pun sudah muncul sebagai bacground jalur busway dengan dibantu gps untuk menentukan posisi saat itu.


Ok banget… Saya berharap suatu saat peta jalur ini bisa dipakai untuk bis kota biasa atau angkot,  setidaknya bisa jadi panduan biar lebih mandiri dan nggak gampang dibohongi orang. Pengalaman saya dibohongi masalah angkot terjadi kalo saya mencoba trayek baru (entah sengaja dibohongi or memang sok tahu).
Nah, ini yang baru. Coba ke menu busway. Kalo kita sentuh tombol menu, atau geser bawah, akan muncul menu CCTV. Jadi kita bisa lihat situasi di halte-halte busway. Asyik kan?

CCTV Halte Transjakarta

Yang patut diacungi jempol adalah kecepatan developer aplikasi ini untuk mengupdate. Masalah transportasi di Jakarta ini dinamis banget. Besok bisa berbeda dari hari ini.

Lanjut terus Komutta.!

Hari gini gak punya android?

Rupanya hape-hape berbasis android ini udah sangat merakyat, sampai merambah ke penumpang umum. Developer aplikasi lokal juga memikirkan hal ini. Aplikasi ini dapat diunduh di android market, search aja komutta.

Daripada banyak menerangkan, lebih baik masuk ke screenshot saja ya.

 Tampilan awal

Tampilan awal Komutta

Komutta menampilkan 4 moda transportasi : KRL, Busway Transjakarta, Bis Patas AC, dan Taksi.

1. Menu Busway

tampilan awal menu busway adalah pemilihan lokasi awal

busway1

Bila bingung posisi kita dengan jalur busway terdekat, ada pilihan peta, dengan GPS

GPS komutta

Dengan bantuan GPS di hape saya (Garmin Asus A50), posisi kita ditunjukkan oleh bulatan biru putih, dengan lingkaran biru menunjukkan akurasinya. Sedangkan garis orange adalah jalur busway. Bulatan orange putih yang ada di garis orange itu adalah halte busway (di sini bila diklik menunjukkan halte mana). Namun di hape Garmin Asus A50, saya tidak bisa menemukan peta google map di mode map Komutta. Sehingga tidak ada navigasi menuju halte, dan tak ada petanya. Menurut developernya, untuk update yang versi update (0.5.2) memang ada suatu hal yang membuat peta-nya gak muncul, namun di versi sebelumnya (0.5.1 ) sebenarnya sudah ada.. Nanti di versi 0.6 akan diperbaiki lagi

Tapi jelas cukup membantu karena ada posisi kita dan ada kompasnya yang menunjukkan arah kita. Setidaknya bisa dibantu dulu dengan GPS bawaan garmin untuk mengarahkan ke halte busway, dengan berpedoman trayek dari Komutta.

Seharusnya sesuai dengan tampilan di situsnya, ada peta google map :

peta google map

Bila kita sudah menentukan tujuan dan posisi maka akan tampak detailnya :

Busway detail

menu detail ini bisa dipilih apakah cuma pergantian halte saja ditampilkan, ataukah semua halte.

2. Menu KRL

KRL

Menu ini menampilkan stasiun dulu, kemudian akan didetailkan KRL apa saja (next atau all day) yang akan melintas.

KRL yang melintas

Selanjutnya bisa diklik KRL yang dimaksud untuk menampilkan seperti ini

KRL detail

Detail ini menunjukkan KRL yang kita klik, meliputi berhentinya dimana, berikut waktu berhentinya. Cukup ringkas daripada membuka seluruh jadwal KRL, namun menu KRL disini hanya menampilkan stasiun awal, tidak ada stasiun tujuan. Sehingga harus mencari sendiri KRL yang singgah di stasiun tujuan. Namun ada satu dua yang belum pas, jadwalnya harus disinkronisasi lagi dengan jadwal KRL terbaru. Sebaiknya mengecek lagi di stasiun/situs KRL resmi karena untuk memastikan. Sebagai panduan, cukup bisa membantu karena lebih banyak yang cocok.

3. Bis Patas AC

Menu awalnya adalah memilih rute bis, atau lokasi

PAC menu awal

Trayek PAC

Kemudian seperti juga menu KRL, dapat diklik untuk melihat detailnya, antara lain melihat lewat mana.

Perlintasan trayek PAC

Untuk bis PAC juga ada trayek yang belum tercakup disini, contohnya PAC 48 (Depok Grogol), atau Deborah Depok Kalideres.

4. Taksi

Menampilkan perusahaan taksi yang ada.

Daftar Taksi

Kemudian bisa diklik, akan langsung nyambung ke telepon. Ready to call

Ready to call taxy

Sebagai catatan, Komutta ini hanya untuk Jabodetabek saja.

Update terakhir Komutta per 2 Maret 2011. Komutta  menerapkan Engine baru untuk mencari Transjakarta Route. Ditambahkan dukungan untuk bahasa Indonesia. Email Saran, dan berbagi hasil pencarian melalui Email.

Situs developer Komutta dapat dilihat disini :

http://www.mreunion-labs.net